Wednesday, June 19, 2013

10 Hal Tentang Jantung Anda yang Tidak Anda Tahu

Jantung merupakan sebuah organ terpenting yang berguna untuk memompa darah dalam tubuh kita. Jadi apa yang Anda ketahui mengenai organ vital yang penting ini? Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat mempunyai serangan jantung tanpa rasa sakit di dada? Artikel berikut ini akan membahas 10 hal yang mungkin tidak Anda tahu mengenai jantung Anda.

1. Jantung Anda Dapat Berdetak Walaupun Telah Dipisahkan Dari Tubuh Anda
detak jantung
Mungkin Anda pernah melihat sebuah adegan di film dimana sebuah jantung tetap berdetak walaupun ia telah dikoyak keluar dari dada seseorang. Walaupun hal itu terkesan fiktif dan menakjubkan, pada kenyataannya hal itu benar.
Hal ini disebabkan karena jantung Anda memiliki sistem listriknya sendiri yang dapat membuat jantung Anda berdetak, dan selama ia mendapatkan oksigen ia akan terus berdetak. Jadi walaupuna telah dipisahkan, selama oksigen masih berada di jantung tersbeut, ia dapat berdetak walaupun akan perlahan-lahan menghilang detakannya.

2. Kaum Muda atau Remaja Juga Dapat Terkena Resiko Serangan Jantung
kaum muda juga dapat terkena serangan jantung
Menurut penelitian, penyakit serangan jantung sekarang ini terus meningkat dengan korban berumur 20 sampai 30an. Hal ini biasa terkait atas obesitas, tekanan darah tinggi dan rokok dalam lingkup umur tersebut. Tetapi salah satu sebabnya juga adalah kurangnya aktivitas seiring dengan perkembangan teknologi.

3. Jantung Anda Tidak Berada di Sisi Kiri Dada Anda
posisi jantung
Mungkin Anda sering melihat dan diajarkan bahwa jantung Anda terletak di sisi kiri dada Anda, atau Anda juga memperkirakan begitu karena di film-film. Pada saat seseorang bersumpah kepada sesuatu, ia akan meletakkan tangannya di sebelah kiri dada dimana membuktikan ia bersumpah sepenuh hatinya.
Sebenarnya jantung kita lebih terletak di tengah dada kita, akan tetapi ia terletak agak miring ke bagian kiri dada kita.

4. Jantung Anda adalah Pompa Super Yang Tidak Kenal Lelah
jantung pompa
Jantung Anda bukan pemompa biasa, ia adalah sebuah pompa super. Setiap bagian dari tubuh Anda membutuhkan oksigen untuk hidup, dan jantung Anda memompa darah yang kaya akan oksigen ke setiap orang dalam tubuh Anda, setiap menit, setiap hari, sepanjang hidup Anda. Bahkan saking kuatnya ia dapat menyemprotkan darah 30 kaki jauhnya. 
Berdetak sekitar 100 ribu kali setiap hari tergantung atas apa yang sedang Anda lakukan. Coba bayangkan Anda meremas bola tenis 100 ribu kali 1 hari. Mungkin setelah beberapa saat Anda akan merasa lelah, tapi jantung Anda tidak. Kesehatan jantung Anda tergantung atas olahraga Anda.

5. Jantung Wanita dan Pria Berbeda
jantung wanita dan pria berbeda
Walaupun secara sekilas jantung pria dan wanita tidaklah berbeda, bahkan sangat serupa, tetapi ada sebuah perbedaan pada jantung pria dan wanita. Jantung pria umumnya memiliki berat sekitar 10 ons dengan detak jantung sekitar 70 denyut per menit. Sedangkan pada wanita, beratnya sekitar 8 ons, tetapi uniknya walaupun ukurannya kecil ia berdetak lebih kencang sekitar 78 denyut per menit.
Penelitian di Kanada-pun membuktikan bahwa wanita memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena serangan jantung dibandingkan pria.

6. Anda Dapat Terkena Serangan Jantung Tanpa Merasakan "Sakit Dada"
serangan jantung
Walaupun gejala umum yang terlihat terkait atas serangan jantung adalah sakit pada sekitar daerah dada, seperti merasa sesak dan tertekan. Ada banyak kemungkinan lain yang dapat menjadi gejala dari  serangan jantung seperti rasa cape, keringat, pusing, sakit pada leher atau lengan.
Bahkan, orang yang memiliki penyakit diabetes tidak akan mempunyai gejala sama sekali, dan pada saat serangan jantung terjadi, maka serangan jantung 'bisu' terjadi.

7. Jantung Anda Tidak Bewarna Merah
warna warni jantung
Mungkin karena Anda sering melihat hati (cinta) yang bewarna merah, Anda mengira jantung Anda bewarna merah. Pada kenyataannya, jantung Anda sama sekali tidak merah, warna dari jantung Anda cukup gelap dan lebih kecoklatan daripada darah yang dipompanya.
Terlebih, karena pemrukaan jantung Anda merupakan salah satu tempat penimbunan dan penyimpanan lemak, maka jantung Anda akan terlihat cukup kuning.

8. Jantung Yang Lebih Besar Bukan Berarti Lebih Baik
jantung yang lebih besar
Walaupun mempunyai jantung yang besar sering dipertimbangkan sebagai suatu kualitas tersendiri, pada kenyataannya itu tidaklah benar. Mempunyai sebuah jantung dengan ukuran yang lebih besar dan lebih kuat dapat berbahaya. Jantung normal biasanya berukuran sebesar tangan kita pada saat dikepal.
Hal ini disebabkan karena jantung kita didesain untuk bertahan dalam jangka panjang, dimana jantung yang baik akan terlihat lebih efisien dan ramping.

9. Pilek Dapat Melukai Jantung Anda
kena flu
Sama halnya dengan minum alkohol dan obat-obatan tertentu, flu atau pilek juga dapat melukai jantung Anda. Hal ini dikenal dengan nama viral cardiomyopathy, dimana jantung Anda akan melemah dan tidak melakukan fungsinya dengan baik. Tetapi Anda tenang saja, biasanya seiring Anda merasa baikan, jantung Anda juga akan kembali dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

10. Stres atau Emosi Dapat "Mematahkan" Jantung Anda
stres dan emosi
Ini mungkin salah satu hal yang sudah Anda ketahui, stres dan emosi dapat menyebabkan tubuh Anda merilis sebuah hormon yang dapat menyebabkan sebagian besar jantung Anda lumpuh. Hal ini dikenal dengan istilah takotsubo's cardiomyopathy atau broken heart syndrome. Biasanya terjadi pada wanita post-menopause.
Salah satu hal yang dapat menyebabkan hal ini adalah rasa syok karena hilangnya orang tersayang, uang atau ketakutan yang berlebih. Walaupun biasanya hanya terjadi sementara, tetapi hal ini tetap dapat membahayakan.

No comments:

Post a Comment